Selasa, 06 Maret 2012

Gunung api purba ngelanggeran

         Gunung api purba ngelanggeran ini terletak di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul.Rutenya tuh sejalan ama bukit bintang.Dari pertigaan patuk belok kiri - jalan lurus aja -ada pertigaan lagi belok kanan terus nyampe deh. Eh,sekedar info nih : Gunung api purba ini berumur 60 tahun an dan berada pada ketinggian sekitar 200-700 mpdl. Nama ngelanggeran berasal dari kata Planggaran yang berarti setiap perilaku jahat pasti ketahuan. Terus pas serching di mbah google nemuin info lagi nih tentang Gunung ngelanggeran ini . Katanya nih , Selain sebutan tersebut, gunung yang tersusun dari banyak bebatuan ini dikenal dengan nama Gunung Wayang karena terdapat gunung/bebatuan yang menyerupai tokoh pewayangan. Menurut kepercayaan adat jawa Gunung Nglanggeran dijaga oleh Kyi Ongko Wijaya dan Punakawan. Punakawan dalam tokoh pewayangan tersebut, yakni Semar, Gareng, Petruk, serta Bagong.
Kepercayaan lain menyebutkan bahwa Gunung Nglanggeran sebagai Gunung Wahyu karena gunung tersebut diyakini sebagai sarana meditasi memperoleh wahyu dari Tuhan Yang Maha Esa. Air dari gunung Nglanggeran sering diambil abdi dalem dari Kraton Yogyakarta sebagai sarana mohon ketentraman dan keselamatan semua masyarakat DIY. Tak heran, sebagian orang masih mengeramatkan gunung tersebut. Pada malam tahun baru Jawa atau Jumat Kliwon, beberapa orang memilih semedi di puncak gunung  ini. 
Orang Jawa emang unik ya..setiap nama pasti ada maknanya sama history nya..kasi aplous deh plok plok plok hahhaha .

          Saya kesini nih sama temen ku si Raras , terus sama kakak ku dan temennya.Karena tujuannya pengen banget liat sunrise , kami berangkat sekitar jam 3 pagi dari kota Yogyakarta pake kendaraan bermotor.Sampe sana sekitar jam 4 an dan disambut pengelolanya.Tiket masuknya sekitar 5rb an klo gak salah.Pertama yang saya liat waow banyak banget batu gede buangeeeeeet (lebay deh hahha ).Nah tracking dimulai,menuju puncak cukup menguras tenaga ngos ngos an apalagi pagi pagi tuh,udah ngantuk laper pulak..Di perjalanan tracking ada jalan favorit ku diantara jalan lainnya soalnya ada lorong sempit banget.Jadi kalo lewat situ jalannya harus satu satu.untung aja kita orangnya kurus kurus kalo tidak...gak tau deh.Setelah sampai puncak rasa yang aku sebutin diatas itu semuaa ilang seketika.Keindahan nya ituu bener bener manjain mata.Waowwwww..Penasaran kaya apa perjalanan kami ??? ahahah nih foto-fotonya :

begitu sampai puncak,masi gelap.....





pemandangan dari atas


istirahat dulu ah



















lorong sumpitan



Terus nih di desa ini juga ada misteri 7 KK.Unik banget kan?! .Kami juga sempat ngunjungin desa tersebut.Namanya desa tlogo.Dan kita juga sempet Tanya-tanya pada salah satu penghuni desa ini.Pas kesana tuh Jalannya boooo susah banget..banyak banget yang rusak apalagi jalannya tuh nanjak banget.Motor aja nih gak kuat buat naik (secara motor bebek hahah).Kami sekedar Tanya-tanya nih tentang kebenaran misteri 7 KK .Dan ternyata emang bener jadi desa ini gak boleh di tempati lebih dari 7 KK atau kurang dari 7 KK. Beliau menceritakan kepercayaan itu sudah turun temurun dan harus ditaati sesuai pesan dari sesepuh pepunden dari dusun Tlogo tersebut yaitu Eyang Iro Dikromo yang dipercaya lokasi tersebut hanya boleh dihuni oleh Mpu Pitu (kelompok tujuh), yang dimana Mbah Rejodimulyo mengatakan kelompok tujuh tersebut yakni kelompok Kepala Keluarganya.


Foto kita ama salah satu keluarga 7 KK

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar